Search

Artikel Ia Telah Melakukan Perbuatan-perbuatan Ajaib

Mazmur 98:1-2

Pernahkah Saudara bernyanyi untuk anak bayi? Lagu apa yang Anda nyanyikan? Happy Yaya Happy Yeye, Bintang Kecil, Pelangi-pelangi, Twinkle Twinkle Little Star? Atau apakah Saudara menyanyikan lagu dengan kata-katamu sendiri?

Memuji dan menyembah TUHAN bukan sekadar menyanyikan lagu lama, tetapi juga lagu baru. Well, ada banyak lagu lama yang bagus yang justru harus dinyanyikan. Apa yang dimaksud dengan nyanyian baru? Kata "baru" di ayat 1 juga dapat diartikan dengan kata "fresh." Artinya, lagu tersebut baru karena baru kita tulis merespons perbuatan ajaib TUHAN yang baru kita alami.

Setelah menerima berita bahwa dirinya akan mengandung, Maria membuat sebuah lagu baru. Mari kita perhatikan apa yang Maria nyanyikan dalam Lukas 1:48-49

"Ia telah MEMPERHATIKAN kerendahan hamba-Nya. Mulai dari sekarang segala keturunan akan menyebut aku BERBAHAGIA, karena Yang Maha Kuasa TELAH MELAKUKAN PERBUATAN-PERBUATAN BESAR KEPADAKU kepadaku dan kuduslah nama-Nya." (Luk. 1:48-49).

Orang yang berbahagia adalah orang yang dikunjungi TUHAN. Orang yang berjumpa dengan TUHAN. Orang yang hatinya dijamah TUHAN. Orang yang menerima kejutan TUHAN. Kalau Saudara sungguh-sungguh memperhatikan, saya percaya Saudara dapat melihat perbuatan-perbuatan ajaib yang telah TUHAN lakukan dalam hidup Anda. Apabila Saudara belum pernah mengalami perbuatan ajaib TUHAN, percayakah Saudara bahwa Saudara dapat mengalaminya? Saudara dapat berkata, "TUHAN, saya ingin mengenal Engkau. Hati saya ingin dijamah Engkau. Saya ingin mengalami perbuatan ajaib-Mu."

Mazmur 98:1 - Nyanyikanlah NYANYIAN BARU bagi TUHAN, sebab Ia telah melakukan perbuatan-perbuatan ajaib; Ia memperoleh KEMENANGAN dengan tangan kanan-Nya sendiri, dengan lengan-Nya yang kudus.

Kejutan yang TUHAN lakukan untuk kita membuat kita menyanyikan nyanyian baru. Tangan kanan TUHAN merupakan simbol kekuatan. TUHAN akan memberikan Saudara kemenenangan dengan tangan kanan-Nya sendiri, dengan lengan-Nya yang kudus. Saudara tidak berjuang sendiri. TUHAN berjuang bersama Anda. Tangan kanan TUHAN dan lengan-Nya yang kudus merupakan lambang kekuatan-Nya. TUHAN "asal-asal" dalam melakukan perbuatan-perbuatan ajaib bagi Saudara. Dia melakukannya dengan kekuatan-Nya.

Orang-orang seperti Abraham, Musa, Yosua, Yeremia, Petrus memiliki satu persamaan, mereka percaya dan taat kepada TUHAN. Mereka merespons iman mereka dengan ketaatan. Sama seperti kita, mereka adalah orang-orang berdosa, penuh cacat cela.

Apakah Saudara merasa dirimu sangat berdosa sehingga tidak berani mendekatkan diri kepada TUHAN? Saudara mungkin berkata, "Tuhan, pergilah dariku, karena aku ini seorang berdosa." (Luk. 5:8). Namun TUHAN berkata kepada Saudara, "Aku telah menyingkirkan kesalahanmu! Aku akan mengenakan kepadamu pakaian perayaan." (Zak. 3:4). Keajaiban terbesar yang Kristus lakukan untuk kita adalah menyingkirkan dosa kita.

Apakah Saudara merasa TUHAN tidak mau Anda bekerja bagi-Nya? TUHAN berkata, "Jangan takut! Mulai sekarang engkau akan menjala manusia." (Luk. 5:10). "Jangan takut! Mulai sekarang engkau akan membangun manusia. JMulai sekarang engkau akan mengalami pembaruan. Mulai sekarang, engkau akan mengajar firman TUHAN.

Apakah Saudara merasa tidak mampu berbicara di depan umum? TUHAN yang menciptakan lidah akan membuat Anda dapat berbicara. TUHAN berkata, "Aku akan menolong lidahmu berbicara" (Kel. 4:12).

Katakanlah Saudara sudah berani membuka mulut, tetapi Saudara tidak tahu apa yang harus Saudara katakan. Saudara ingin mengatakan kebenaran. Saudara ingin menyatakan kesalahan seperti yang TUHAN perintahkan. Namun, Saudara tidak tahu apa yang harus kamu katakan? TUHAN berkata, "Aku mengajarkan apa yang harus kaukatakan." (Kel. 4:12).

Apakah Saudara merasa tidak berani untuk mengajar firman TUHAN di rumah, di Sekolah Minggu, di tempat kerja? Apakah Saudara tidak berani menyatakan kesalahan dan membangun manusia? Apakah Saudara mau mengatakan-ngatakan hikmat di sekolah, di kantor, di rumah, tetapi tidak tahu apa yang harus Anda katakan? TUHAN berkata, "Sesungguhnya, Aku menaruh perkataan-perkataan-Ku dalam mulutmu." (Yer. 1:9).

Salah satu perbuatan ajaib yang TUHAN lakukan bagi Anda adalah menolong Anda berbicara, mengajar Anda berkata-kata, serta menaruh perkataan-Nya dalam mulutmu. Sehingga Anda dapat membangun kehidupan dengan perkataan. Anda akan mengajar dan menyatakan kesalahan. Anda akan menegur dan menasihati. Anda akan menyampaikan kata-kata hikmat yang berasal dari Allah.

Apakah Saudara merasa tidak sanggup memimpin? Apakah Saudara merasa tidak sanggup melakukan terobosan? Apakah Saudara menjadi gentar karena merasa tidak mampu? TUHAN berkata, "Kuatkan dan teguhkanlah hatimu." (Yos. 1:9). Kemampuan memimpin dan wibawa kepemimpinan akan diberikan Allah kepadamu. Roh Allah yang diam di dalam hatimu akan membuat Anda berwibawa. Roh Allah yang mengajarmu akan membuat Anda berhikmat.

Apakah Saudara merasa tidak mendapatkan tempat di dalam TUHAN? TUHAN berkata, "Apabila engkau hidup menurut jalan-Ku dan melakukan tugas yang Kuberikan kepadamu, engkau akan memerintah rumah-Ku dan mengurus pelataran-Ku. Aku akan memberi engkau TEMPAT di antara mereka yang melayani di sini." (Zak. 3:7). TUHAN mau Saudara hidup menurut jalan-Nya. Dia mau Saudara melakukan tugas yang diberikan-Nya kepadamu.

Saya coba merenungkan apa saja perbuatan ajaib yang TUHAN kerjakan dalam hidup saya. Sebagai contoh, saya termasuk orang yang tidak berani berbicara di depan umum. Saya takut, saya gagap, saya tidak dapat berkata-kata. Dapat berkhotbah merupakan perbuatan ajaib oleh-Nya.

Sejak sangat kecil, saya sering batuk-batuk. Saya termasuk orang yang sangat mudah batuk. Setelah melihat hasil X-Ray, dokter melarang saya berolah-raga. Oleh sebab itu, sejak kecil saya tidak diperkenankan orang tua saya untuk berolah raga. Karena sangat mudah sakit dan batuk. Saya masih hidup hingga hari ini merupakan perbuatan ajaib TUHAN. Seharusnya, saya sudah mati dari dahulu kala.

Ketika masih kecil, saya berdoa memohon TUHAN menyembuhkan mata saya yang rabun. Saya bahkan hampir lupa tentang doa tersebut. Ternyata, TUHAN tidak melupakannya. TUHAN lebih mengingat doa saya daripada saya sendiri. Perlu menjadi catatan bahwa saat saya menemukan mata saya bermasalah, saya tidak langsung memohon TUHAN menyembuhkan saya. Tetapi, saya berdoa bertanya apakah TUHAN masih mau memakai saya untuk mengajar kawanan domba-Nya. Saya menyampaikan kepada Dia bahwa membutuhkan penglihatan untuk mengajar. Maka pada tahun 2023, melalui pengalaman mata saya terbentur, Dia memulihkan saya. Saya masih ingat, ketika operasi mata tengah berlangsung, saya mendengarkan Dia berkata, "Perhatikanlah pekerjaan-Ku!"

Ayat 2 - TUHAN telah memperkenalkan karya KESELAMATAN-NYA, telah menyatakan KEADILAN-NYA di depan mata bangsa-bangsa.

Kita akan "melihat" banyak keajaiban TUHAN ketika kita ikut serta dalam karya keselamatan-Nya. Kita dapat "melihat" bagaimana TUHAN menyelamatkan dalam keadilan-Nya.

Keselamatan yang TUHAN berikan bukan hanya tentang masuk ke Surga. Keselamatan kita termasuk pembaruan hati dan pikiran kita. Kita mungkin mengira perubahan hidup kita dimulai dari perbuatan. Bukan! Perubahan yang dimulai dari perbuatan tidak bertahan lama. Perubahan yang sesungguhnya dimulai dari hati dan pikiran. Dengan kata lain, kita bertobat dengan mengubah cara pikir, memperbarui hati.

Sering kali karena takut dicela dan dihina manusia, kita ingin menjadi orang yang hebat, kita ingin memberikan kesan sebagai orang yang pintar. Ketika merasa lebih hebat, hati kita menjadi congkak. Ketika merasa kurang hebat, hati kita menciut. Hati kita dikuasai oleh kerakusan. Kita berusaha untuk mendapatkan makanan gratis dan hadiah. Melihat apa yang dimiliki orang lain, kita juga mengingininya. Hati kita sangat bermasalah, bukan? Kita butuh diselamatkan dari hati kita sendiri. Hati kita perlu diperbarui.

Pikiran kita sering menyusahkan kita. Pikiran kita bisa secepat jalur jalan tol. Begitu cepatnya, hingga kita tidak sanggup mengikuti pikiran kita sendiri. Sebentar kita berpikir tentang kue durian, sebentar kemudian kita berpikir tentang apabila kucing bermimpi, ia akan mimpi apa. Terkadang pikiran kita bisa seruwet benang kusut. Kita butuh diselamatkan dari pikiran kita sendiri. Pikiran kita perlu diperbarui.

TUHAN mau melakukan perbuatan ajaib dimulai dari hati dan pikiran kita.

Perbuatan ajaib TUHAN dimulai dalam pembaruan hati dan pikiran kita!

Saudara merasa berdosa, Dia menyingkirkan kesalahanmu! Saudara merasa tidak bisa berkata-kata? Dia menolong lidahmu berbicara! Saudara merasa tidak dapat menyampaikan kata-kata hikmat!? Dia menaruh perkataan-Nya di dalammu! Saudara merasa tidak mampu memimpin? Dia memimpinmu untuk memimpin! Saudara merasa tidak ada tempat di dalam TUHAN? Dia memberikan tempat bagimu!

Happy New Year Eve, 31 Desember 2023

Ps. Lan Yong Xing