Search

Artikel Janganlah lalai mempersembahkan hasil gandummu dan hasil anggurmu.

Keluaran 22:29


Pernahkah Saudara bertanya mengapa TUHAN memerintahkan kita memberikan persembahan kepada-Nya? TUHAN adalah Pencipta dan Pemelihara ciptaan. Dia ingin kita menyadari bahwa hidup kita berasal dari Dia. Segala sesuatu yang kita miliki merupakan pemberian-Nya. Dia ingin kita hidup untuk Dia. Dia ingin kita senantiasa memberikan persembahan kita kepada Dia sebagai ungkapan syukur, juga sebagai bentuk kesadaran kita bahwa hidup kita tidak berarti selain di dalam Dia.

Dalam kehidupan yang semakin didominasi dengan pemuasan keinginan, keinginan kita bertambah dan semakin diperkuat melalui berbagai media sosial. Kehidupan yang terus didorong oleh pemuasan keinginan akan sangat melelahkan. Sebab kehidupan demikian sungguh amat kosong dan tidak berarti. Pembelanjaan tidak lagi karena kegunaan barang, tetapi karena keinginan. Mengonsumsi makanan tidak lagi karena kebutuhan akan makanan, tetapi mengingininya. Saya sering mengatakan bahwa TUHAN berkenan kita menikmati makanan, minuman, pakaian, perlengkapan dan peralatan. Intinya, kita tidak menaruh fokus hidup kita pada kenikmatan, tetapi pada TUHAN.

Sebagai bentuk kasih kita kepada TUHAN, kita tidak lalai dalam memberikan pemberian kepada-Nya. TUHAN ingin kita memeriksa diri, yakni apakah kita lalai dalam memberikan persembahan kepada-Nya. Firman TUHAN di Keluaran 22:29 mengajarkan, "Janganlah lalai mempersembahkan hasil gandummu dan hasil anggurmu."

Ps. Lan Yong Xing